LIBUR KELAR, DOMPET TIPIS? JANGAN SEDIH!

Habis Libur Lebaran Dompet Menipis? Jangan Sedih!

Liburan hari raya telah berakhir, tapi kebutuhan masih saja terus mengalir. Dan begitu mengecek isi dompet, ternyata hanya sedikit lembaran yang tersisa.

Tidak dapat dipungkiri, melonjaknya kebutuhan dan keinginan menjelang dan untuk hari raya, mengharuskan kamu mengeluarkan dana lebih besar dari bulan lainnya.

Beberapa diantara kalian selain meneriman Tunjangan Hari Raya (THR) bahkan ada yang menerima gajinya lebih awal dari yang seharunya, itu bukan berarti kamu bisa berfoya-foya lho. Karena kamu jadi harus lebih pintar dalam mengelola keuanganmu agar tetap berada “di dompetmu” lebih lama. Gak mau kan jika uangmu habis lebih cepat? Padahal tanggal gajian bulan selanjutnya masih jauh di ujung mata.

Seperti pesan sebelumnya, kamu harus tetap ingat kewajiban untuk melunasi utang, menyisakan dana untuk menabung, dan berinvestasi demi masa depan yang lebih sejahtera.

Tak perlu khawatir. Jika kamu mau berhemat dan berusaha untuk mengelola keuanganmu dengan baik, kamu pasti bisa bertahan tanpa harus mengganggu uang tabunganmu!

Bagaimana caranya? Selalu ingat untuk memprioritaskan kebutuhanmu daripada keinginan. Setiap manusia memiliki keinginan yang tak terbatas, namun perlu dipahami bahwa keinginan yang tidak dipenuhi tidak akan mengganggu keberlangsungan hidupmu. Sebagai contoh: pakaian adalah kebutuhanmu, tetapi pakaian yang mahal dan bermerek adalah keinginanmu semata. Kamu masih bisa memilih untuk membeli pakaian yang terjangkau namun tetap nyaman dipakai.

Masih ada lagi contoh-contoh dan tips lainnya. Yuk! simak di bawah ini:

  1. Sebelum berbelanja, bandingkan harga barang yang hendak kamu beli tersebut pada beberapa tempat terlebih dahulu, lalu pilihlah yang paling murah, misal kamu bisa mencari perbandingan di toko online, siapa tau kan ada barang yang sejenis dan harganya lebih murah. Atau bisa juga kamu berkunjung ke toko lain, mungkin saja ada diskon yang diberikan untuk barang yang kamu butuhkan.
  2. Makanan adalah kebutuhan hidupmu. Agar lebih hemat, kamu dapat membawa bekal makanan dan minuman sebelum bepergian setiap harinya. Jika ingin pergi berkumpul dengan teman-teman, makanlah terlebih dahulu agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk jajan lebih banyak.
  3. Jaga kesehatanmu. Berolahragalah dan makan sayur dan buah secara rutin.Kalau kamu sampai sakit, kamu akan memerlukan uang ekstra untuk biaya pengobatan.
  4. Buatlah rencana keuangan, alokasikan anggaran kamu sampai tanggal menerima gajian di bulan selanjutnya. Catat setiap transaksi keuangan. Kamu bisa juga memanfaatkan fitur “Rencana Keuangan” pada mobile apps Sikapiuangmu yang dapat kamu unduh di Apple Store atau Play Store.
  5. Niat dan disiplin. Keberhasilanmu dalam mengelola keuangan hanya akan terwujud jika kamu memiliki niat yang kuat dan selalu disiplin. Disiplin dalam arti segala tips yang disebutkan di atas dapat kamu laksanakan secara rutin dan terus-menerus.

Nah, itu dia contoh-contoh sederhana hidup hemat yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, #SikapiUangmu dengan bijak. Cerdas mengelola, masa depan sejahtera.

Leave a comment

Terdaftar dan diawasi oleh :

Terdaftar juga di :