TIPS MEMANFAATKAN JASA PEMBIAYAAN

Pengguna jasa pembiayaan perorangan (bukan perusahaan) perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar dapat memanfaatkan jasa pembiayaan dengan seoptimal mungkin:

  1. Siapkan uang muka yang cukup besar (misalnya 30%) agar angsuran bulanan yang harus dibayar terasa lebih ringan.
  2. Pilih jangka waktu dan angsuran yang sesuai dengan kemampuan keuangan saat ini. Maksimal besarnya angsuran     sebaiknya tidak lebih dari 30% dari penghasilan bersih per bulan setelah dikurangi biaya-biaya bulanan.
  3. Membeli barang dan/ atau jasa yang memang sungguh-sungguh diperlukan. Hindari keinginan sesaat yang dipicu oleh diskon atau iming-iming hadiah.
  4. Siapkan data-data yang diminta oleh perusahaan pembiayaan sebelum petugas survei datang ke rumah/ tempat kerja. Umumnya data yang diminta adalah fotokopi KTP, KK, Surat Keterangan Kerja/ Slip Gaji, dan Rekening Listrik.
  5. Dengarkan dengan seksama penjelasan petugas survei mengenai manfaat dan risiko produk pembiayaan yang akan diambil. Pengguna jasa pembiayaan perlu meminta rincian besar angsuran, jatuh tempo, bagaimana dan ke mana untuk membayar angsuran, bagaimana jika terjadi kehilangan kendaraan, jangka waktu proses klaim asuransi, besar denda keterlambatan pembayaran angsuran, hal-hal yang harus diperhatikan jika akan melunasi sebelum periode pembiayaan berakhir, nomor teleponcontact centerdan seterusnya.
  6. Agar terhindar dari denda keterlambatan pembayaran angsuran, debitur perlu membiasakan diri untuk menyisihkan uang angsuran dari penghasilan bulanan.

Leave a comment

Terdaftar dan diawasi oleh :

Terdaftar juga di :